Kamis, 16 Juni 2016

Balikpapan kotaku BERIMAN

Balikpapan merupakan sebuah kota di Kalimantan Timur , Indonesia. Balikpapan memiliki penduduk sebanyak 701.066 jiwa, yang merupakan 22 % dari keseluruhan penduduk Kaltim. Balikpapan merupakan kota dengan biaya hidup termahal se-Indonesia. Logodari kota yang sering disebut Kota Minyak (Banua Patra) dan Bumi Manuntung ini adalah beruang madu, maskot Balikpapan yang mulai di ambang kepunahan. Nama asli Balikpapan adalah Billipapan atau Balikkappan(logat Banjar).
Di balikpapan di huni oleh berbagai macam suku di Indonesia.
Suku-suku yang banyak ada di Balikpapan adalah:
  • Bugis
  • Banjar
  • Jawa
  • Madura
  • Dayak
  • Kutai dan lain sebagainya
Bahasa daerah
Di Balikpapan terdapat banyak bahasa yang di gunakan masyarakat balikpapan
  • Bahasa Banjar
  • Bahasa Bugis
  • Bahasa Jawa
  • Bahasa Kutai
walaupun banyak berbagai macam bahasa yang di gunakan. Lebih kebanyakan orang balikpapan menggunakan bahasa indonesia. Tetapi ciri khusus orang balikpapan berbicara yaitu selalu menggunakan imbuhan seperti: nah, lah, kan, dsb.
 Makanan Khas
Balikpapan memiliki berbagai macam makanan khas. jadi kalau kalian jalan ke Balikpapan jangan lupa mampir untuk merasakan makanan khas Balikpapan. Saya akan bemberi tahu berbagai macam makanan khas Balikpapan yang di minati oleh banyak orang. tidak semua tetapi cukup yang paling banyak di minati banyak orang.
  • Kepiting
detikBalikpapan merupakan  daerah penghasil kepiting . Di Balikpapan banyak olahan kepiting di jamin sangat enak seperti  kepiting lada hitamkepiting saus tiramkepiting goreng ada di restoran di Balikpapan. Dari sekian olahan kepiting yang paling banyak di minatin orang Balikpapan yaitu kepiting lada hitam. Dan juga kepiting bisa di jadikan oleh buat kalian yang pulang dari Balikpapan. Biasanya kepiting untuk oleh-oleh di kemas dalam bungkusan menjadi kripik kepiting, stik kepiting, abon kepiting.
  • Amplang
amplang2Amplang sebagai cemilan semacam kerupuk. Biasa amplang di makan ketika lagi bersantai bareng keluarga, sahabat, teman. Bahan amplang sendiri terdiri dari tepung, telor, bumbu rempah, dan daging ikan. Amplang ini ada berbagai macam bentuk yaitu bulat, kapsul, bulat panjang. persegi.
jadi saya harap bagi kalian yang jalan ke balikpapan jangan lupa merasakan kenikmatannya kepiting dan gurihnya amplang.

  • Salome
index1
Sekarang aku mau ceritain nih salah satu makanan khas dari daerah asal ku, Balikpapan. Di Balikpapan itu ada salah satu makanan khas yang bisa dibilang di daerah lain itu ga ada, makanan itu adalah salome. Salome ? pasti kalian semua bertanya-tanya dong yaa salome itu makanan kayak gimana, biar aku jelasin yaaa. Salome itu makanan yang terbuat dari tepung kanji dan sedikit daging trus di bentuk bola-bola gituu, hampir mirip sama cilok dan bakso cuma lebih banyak terasa tepungnya sih. Salome itu jajanan yang murah meriah tapi selalu dirindukan warga balikpapan. Mungkin bagi warga luar balikpapan yang pernah nyoba salome itu pasti ngerasa biasa aja. Lain bagi warga Balikpapan yang udh anggab salome itu kayak bagian dari hidup sih *oke agak lebay, gimana enggak dari tk sampai sma pedagang salome selalu ada di depan sekolah. Disetiap tempat di kota balikpapan kita juga bisa nemuin yang namanya salome, mulai dari yang pake gerobak di pinggir jalan sampe ditempat yang lebih elit seperti di cafe. Salome ada berbagai macam jenisnya loh ada salome yang di rebus, ada yang di goreng ada juga yang di bakar. Sekarang salome juga ada pelengkapnya yaitu tahu goreng yang isi sama bahan salome juga dan telur puyuh.
Oiya kalo salome yang ukurannya lebih besar itu biasanya sih ada isinya telur atau daging cincang gitu. Satu lagi yang  bikin salome itu beda dari dari cilok itu bumbu pelengkapanya sambel kacang yang kental banget dan jugaa manis. Dan hampir disetiap gerobak penjual salome juga di lengkapin sama namanya es sirup. Jadi lengkap deh udah ada makanan dan minumannya gituu :D. Cara makan salome itu juga sedikit unik loh, jadi si penjual salome yang dipanggil lelek kalo di balikpapan itu masukin salomenya kedalam plastik es baru di campur bumbu gitu, trus diiket, daan kita makannya itu di gigit dari bawah plastinyaa.  Salah satu salome gerobak yang terkenal di balikpapan itu ada di lapangan merdeka, di lapangan merdeka itu kalian bisa temuin berbagai macam salome dan semua rasanya enaakkk. Kalo mau yang lebih elit dikit kalian bisa datang ke salome ningrat. Itu salah satu tempat salome yang lebih elit gitu dan juga lebih higienis hehe. Jadi kalo kalian ke balikpapan kalian harus rasain yang namanya salome yaaa. Aaaahhhh aku jadii kangen salome

Ciri Khas
Balikpapan sendiri memiliki slogan BERIMAN yaitu Bersih Indah Aman dan Nyaman. Balikpapan memilik sebuah tempat yang sampai sekarang ramai di kunjungin yaitu jembatan gantung dan rumah pembantaian bekas peninggalan Belanda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar